OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN METODE HYBRID LEARNING

Authors

  • Nurfaizah Universitas Amikom Purwokerto
  • Dani Rizaldi Universitas Am
  • Faozi Dwiki Ramadani Universitas Amikom Purwokerto
  • Dwiki Febriyanto Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.52005/abdinusa.v1i2.29

Keywords:

Google Classroom, Hybrid Learning, Pembelajaran

Abstract

Dunia pendidikan selama masa pandemi COVID-19 mengalami perubahan yang sangat cepat, dari proses pembelajaran sampai dengan penilaian. Hal ini terjadi karena adanya larangan dan berubah menjadi pembatasan untuk bertatap muka oleh guru dan murid dalam melakukan proses belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar mengajar dialihkan dengan sistem daring. Keputusan bersama menteri menyebutkan diperbolehkannya mengadakan pembelajaran kegiatan tatap muka bagi zona kuning dan hijau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pelatihan mengoptimalisasi penggunaan google classroom agar dapat memaksimalkan penerapan pembelejaran dengan menggunakan metode hybrid learning. Pembelajaran dengan menggunakan metode hybrid learning dapat mengakomodir pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk pembelajaran tatap muka dengan tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online karena awal pembukaan kelas dilakukan dengan jumlah yang terbatas. Pelatihan telah terlaksana dan pendampingan masih dilakukan untuk guru-guru secara online, kegiatan ini memberikan pengetahuan baru bagi guru untuk dapat mengimplementasikan 2 model kegiatan pembelajaran secara bersama-sama baik secara tatap muka maupun online.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dani Rizaldi, Universitas Am

Sistem Informasi

Faozi Dwiki Ramadani, Universitas Amikom Purwokerto

Sistem Informasi

Dwiki Febriyanto, Universitas Amikom Purwokerto

Sistem Informasi

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Nurfaizah, Dani Rizaldi, Faozi Dwiki Ramadani, & Dwiki Febriyanto. (2021). OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN METODE HYBRID LEARNING. Jurnal Abdi Nusa, 1(2), 38–42. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v1i2.29