RELAWAN MENGAJAR: IMPLEMENTASI LITERASI DAN NUMERASI MELALUI DONGENG BAGI SISWA TERDAMPAK PASCA GEMPA DI SDN CIBULAKAN

Authors

  • Rani Sugiarni Univeristas suryakancana
  • Dini Nurfajrin Ningsih Universitas Suryakancana
  • Vina Nurviyani Universitas Suryakancana
  • Mela Aryani Universitas Suryakancana
  • Nia Jusniani Universitas Suryakancana
  • Dina Indriyani Universitas Suryakancana
  • Liza Octaviani Din Universitas Suryakancana
  • Dandi Apriandi Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.52005/abdinusa.v3i2.128

Keywords:

Dongeng, Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar

Abstract

Bencana gempa Cianjur mengakibatkan salah satu sekolah dasar negeri Cibulakan menimbulkan kerusakan salah satunya pada fasilitas pendidikan dan mengganggu kegiatan belajar. Tujuan dalam pelaksanaan program Relawan mengajar ini untuk membantu proses pembelajaran dalam pemulihan implementasi literasi dan numerasi siswa-siswi terdampak paska gempa melalui dongeng di SD Negeri Cibulakan. Metode pelaksanaan yang digunakan terdiri dari tahap: 1) Perencanaan, 2) Implementasi, dan 3) Evaluasi. Hasil pelaksanaan Program “Relawan Mengajar” dapat membantu proses pembelajaran dalam pemulihan literasi dan numerasi siswa-siswi terdampak pasca gempa di Cianjur. Kegiatan kelompok belajar tersebut dilakukan dalam pembelajaran berbasis dongeng. Selain itu,pemulihan kemampuan literasi dan literasi membutuhkan kerja sama yang sinergis antara tim pengabdi, perangkat pemerintahan desa, guru, siswa, dan wali siswa. Berdasarkan kegiatan ini, tim pengabdi merekomendasikan penggunaan seni sebagai alternatif pemulihan literasi dan numerasi anak yang terkena dampak bencana gempa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sugiarni, R., Nurfajrin Ningsih, D. ., Nurviyani, V. ., Aryani, M., Jusniani, N., Indriyani, D., Octaviani Din, L., & Apriandi, D. (2023). RELAWAN MENGAJAR: IMPLEMENTASI LITERASI DAN NUMERASI MELALUI DONGENG BAGI SISWA TERDAMPAK PASCA GEMPA DI SDN CIBULAKAN. Jurnal Abdi Nusa, 3(2), 122–128. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v3i2.128

Issue

Section

Articles