SOSIALISASI INOVASI MENGUBAH SAMPAH MENJADI BERKAH DI DESA CIKAKAK

Authors

  • Eneng Selvi Universitas Nusa Putra
  • Citra Permata Sukma Universitas Nusa Putra
  • Rasmawati Nurjanah Universitas Nusa Putra
  • Dani Rahadianto Universitas Nusa Putra
  • Rassya Chaerunnisa Universitas Nusa Putra
  • Muhammad Hidayat Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.52005/abdinusa.v2i3.80

Keywords:

Socialization, Garbage, TPS, TPA, Bank Garbage

Abstract

Sampah merupakan hal yang selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari hampir semua aktivitas yang dilakukan akan menghasilkan sampah. Begitu pula yang terjadi di di desa Cikakak yang terletak di kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi proses pengelolaan sampah yang dilakukan di desa tersebut belum cukup baik dikarenakan kurangnya fasilitas tempat pembuangan sampah sementara serta terputusnya pengiriman sampah dari TPS ke TPA. Hal ini menyebabkan masyarakat mengelola sampah sesuai pengetahuan mereka masing-masing sehingga pengelolaan sampah kurang efektif. Tetapi di desa Cikakak ini sudah terdapat bank sampah sebagai pengelolaan sampah yang dikelola oleh Bu Dewi tetapi belum mencakup semua kawasan yang ada di desa Cikakak.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah yang ada di desa Cikakak Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data primer dan data sekunder serta menganalisis data terkait. Teknik penelitian yang dilakukan dengan cara survei lapangan wawancara dan studi literatur. wawancara dilakukan terhadap aparat desa warga sekitar serta terhadap pengelolan bank sampah. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengelolaan sampah masih kurang baik hal ini dikarenakan masih banyak warga yang belum paham mengenai pengelolaan sampah yang efektif. Hal yang bisa kami lakukan sementara adalah dengan melakukan sosialisasi mengenai pengelolaan sampah yang baik dan benar serta berbagi inovasi dalam mengubah sampah menjadi berkah. Lalu kami membagikan beberapa tempat sampah untuk mendukung pengelolaan sampah tersebut.

Kata kunci: sosialisasi, sampah, TPS, TPA, Bank sampah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Selvi, E. ., Citra Permata Sukma, Rasmawati Nurjanah, Dani Rahadianto, Rassya Chaerunnisa, & Muhammad Hidayat. (2022). SOSIALISASI INOVASI MENGUBAH SAMPAH MENJADI BERKAH DI DESA CIKAKAK. Jurnal Abdi Nusa, 2(3), 103–110. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v2i3.80